Thursday, August 28, 2025

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS VII, VIII, IX SMP/MTS (DEEP LEARNING)

Dalam era teknologi yang berkembang pesat, pembelajaran mengenai deep learning menjadi semakin relevan. Namun, memahami konsep yang kompleks seperti jaringan saraf tiruan tidak harus selalu bersifat teknis dan kaku. Melalui pendekatan yang mindful, joyful, dan meaningful, proses belajar dapat diubah menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan, reflektif, dan bermakna.

Mindful: Belajar dengan Kesadaran Penuh

Pembelajaran deep learning yang mindful mengajak peserta didik untuk hadir secara utuh dalam proses belajar, tidak hanya secara fisik tetapi juga secara mental dan emosional. Dalam modul ini, peserta didik diajak untuk menyadari bagaimana mereka memahami konsep, mengelola tantangan, dan mengevaluasi perkembangan diri mereka sendiri.

Beberapa strategi yang diterapkan:

  • Refleksi setelah menyelesaikan setiap topik.

  • Latihan jeda (pause practices) untuk menyerap konsep sebelum melanjutkan ke materi berikutnya.

  • Diskusi terbuka mengenai kesulitan atau hambatan belajar, sehingga peserta merasa didengar dan didukung.

Joyful: Menumbuhkan Rasa Senang dalam Belajar

Mempelajari topik seperti deep learning tidak harus membebani. Dengan pendekatan joyful, modul ini dirancang agar peserta merasakan antusiasme, rasa ingin tahu, dan kepuasan selama proses belajar. Hal ini dicapai dengan:

  • Menggunakan contoh-contoh aplikasi nyata yang relevan dan menarik (seperti deteksi wajah, chatbot, atau sistem rekomendasi film).

  • Mendorong eksplorasi mandiri melalui proyek mini yang sesuai minat peserta.

  • Menyisipkan elemen gamifikasi seperti kuis interaktif, leaderboard pembelajaran, atau tantangan harian.

Dengan suasana yang menyenangkan, peserta didik akan lebih mudah terlibat aktif dan tidak mudah merasa terintimidasi oleh istilah teknis atau rumus-rumus kompleks.

Meaningful: Pembelajaran yang Relevan dan Berdampak

Pembelajaran yang meaningful menekankan pada keterkaitan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata dan tujuan pribadi peserta didik. Modul ini tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga mengajak peserta untuk memahami mengapa mereka belajar deep learning dan bagaimana ilmu ini dapat diterapkan untuk kebaikan.

Upaya untuk menjadikan pembelajaran bermakna:

  • Proyek akhir yang mengangkat isu sosial atau lingkungan, seperti klasifikasi sampah, analisis berita palsu, atau prediksi banjir.

  • Studi kasus yang menampilkan bagaimana deep learning digunakan di bidang kesehatan, pendidikan, atau pertanian.

  • Aktivitas refleksi nilai: “Bagaimana teknologi ini bisa saya gunakan untuk membantu orang lain?”

Berikut Link Download Modul Ajar dan Perangkat Pembelajaran Deep Learning SMP :

1. Link Perangkat dan Modul Ajar kelas 7 SMP/MTs

2. Link Perangkat dan Modul Ajar kelas 8 SMP/MTs

3. Link Perangkat dan Modul Ajar kelas 9 SMP/MTs

Perangkat Pembelajaran Deep Learning yang lain:

Link Perangkat Deep Learning Kls 10 SMK

Link Perangkat Deep Learning Kls 11 SMK

Link Perangkat Deep Learning Kls 12 SMK

Link Perangkat Deep Learning Kls 10 SMA/MA

Link Perangkat Deep Learning Kls 11 SMA/MA

Link Perangkat Deep Learning Kls 12 SMA/MA

Link Perangkat Deep Learning Kls 8 SMP/MTS

Link Perangkat Deep Learning Kls 9 SMP/MTS

Kokurikuler

Prota/Prosem Kls 1-6 SD/MI

Asesmen Diagnostik

Link Administrasi dan Bukti Dukung Akreditasi :

Bukti Dukung Akreditasi Komponen I

Bukti Dukung Akreditasi Komponen II

Bukti Dukung Akreditasi Komponen II




No comments:

Post a Comment

PERANGKAT PEMBELAJARAN SKI KELAS VII, VIII, IX DEEP LEARNING KBC

  1. Meaningful Learning Pembelajaran deep learning harus berangkat dari makna yang jelas bagi peserta didik. Materi tidak hanya disampaika...